Kamis, 03 Januari 2013

Kondisi Geografis dan Iklim Missouri

Missouri berbatasan delapan negara yang berbeda, seperti halnya tetangganya, Tennessee. Tidak ada negara bagian di AS menyentuh lebih dari delapan negara. Missouri dibatasi di utara oleh Iowa, di sebelah timur, melintasi Sungai Mississippi, oleh Illinois, Kentucky, dan Tennessee, di selatan oleh Arkansas, dan di sebelah barat oleh Oklahoma, Kansas, dan Nebraska (yang terakhir di Sungai Missouri ). Kedua terbesar adalah sungai Missouri Mississippi, yang mendefinisikan batas timur negara, dan Sungai Missouri, yang mengalir dari barat ke timur melalui negara, pada dasarnya menghubungkan dua metros terbesar, Kansas City dan St Louis.

Meskipun saat ini negara biasanya dianggap sebagai bagian dari Midwest, historis Missouri dianggap oleh banyak orang sebagai sebuah negara Selatan, [20] terutama karena penyelesaian migran dari Selatan dan statusnya sebagai negara budak sebelum Perang Saudara. Kabupaten yang terdiri "Dixie kecil" adalah mereka sepanjang Sungai Missouri di pusat negara, dihuni oleh pendatang Selatan yang memegang konsentrasi terbesar budak.

Pada tahun 2005, Missouri menerima 16.695.000 pengunjung ke taman nasional dan daerah rekreasi lainnya sebesar 202.000 hektar (820 km2), memberikan $ 7.410.000 dalam pendapatan tahunan, 26,6% dari pengeluaran operasional.

Utara, dan dalam beberapa kasus di selatan, Sungai Missouri kebohongan Plains Utara yang membentang ke Iowa, Nebraska, Kansas dan. Di sini, perbukitan lembut tetap dari glaciation yang pernah diperpanjang dari Kanada Shield ke Sungai Missouri. Missouri memiliki tebing sungai besar banyak sepanjang Mississippi, Missouri, dan Sungai Meramec. Southern Missouri naik ke Pegunungan Ozark, sebuah dataran tinggi membedah seputar Prakambrium beku St Francois Mountains. Kawasan ini juga menjadi tuan rumah topografi karst yang ditandai dengan konten kapur tinggi dengan pembentukan sinkholes dan gua.

Bagian tenggara negara adalah wilayah Bootheel, bagian dari Dataran Aluvial atau teluk Mississippi Mississippi. Daerah ini adalah bagian, terendah flattest, dan terbasah negara. Hal ini juga salah satu termiskin, karena ekonomi sebagian besar pertanian. Hal ini juga yang paling subur, dengan kapas dan tanaman padi dominan. Bootheel adalah episentrum dari empat Gempa New Madrid dari 1.811-1.812.

Missouri umumnya memiliki iklim benua lembab (klasifikasi iklim Köppen DFA) dengan musim dingin dan musim panas yang panas dan lembab. Di bagian selatan negara, khususnya di Bootheel tersebut, iklim berubah menjadi iklim subtropis lembab (Koppen Cfa). Terletak di Amerika Serikat interior, Missouri sering mengalami ekstrem di suhu. Tanpa pegunungan tinggi atau lautan terdekat untuk suhu moderat, iklimnya adalah bergantian dipengaruhi oleh udara dari Arktik dingin dan Teluk panas dan lembab dari Meksiko. Suhu tertinggi yang tercatat Missouri adalah 118 ° F (48 ° C) di Warsawa dan Uni pada 14 Juli 1954 sedangkan suhu terendah tercatat -40 ° F (-40 ° C) juga di Warsawa pada tanggal 13 Februari 1905.

Missouri juga menerima cuaca ekstrim berupa badai dan tornado. Tornado EF5 terbaru di negara bagian untuk menyebabkan kerusakan dan korban adalah 2011 Joplin tornado, yang menghancurkan kira-kira 1/3 dari kota Joplin. Tornado menyebabkan sekitar $ 1-3000000000 dolar dalam kerusakan, menewaskan 159 (+1 non-tornadic), dan melukai lebih dari 1.000 orang. Tornado adalah EF5 pertama yang melanda negara bagian itu sejak tahun 1957. Tornado adalah yang paling mematikan di AS sejak tahun 1947, sehingga tornado paling mematikan dalam sejarah Amerika 7, tetapi mematikan 27 di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar